Kamis, 13 Maret 2014

Gerakan Pramuka SMP Islam Assholihiyah Latihan Gabungan Se-Desa Leuwibatu

Walau Hujan Tetap Semangat

Gerakan Pramuka MI/SMP Islam Assholihiyah Gudep 07-137/07-138 mengadakan Latihan Gabungan (LATGAB) dan Perkemahan Sabtu Minggu gabungan se-Desa Leuwibatu.

Add caption




Add caption




Pembinaan fisik dan mental pemuda–pemudi generasi penerus bangsa sangat perlu dilakukan dalam mempersiapkan pembangunan masyarakat dengan sumber daya manusia yang lebih baik, demi terwujudnya kehidupan berbangsa dan bernegara yang  sesuai dengan Pancasila, sebagai ideologi bangsa.
Gerakan Pramuka dalam melaksanakan tugas pokoknya harus dapat menciptakan suatu pembelajaran yang fleksibel (menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman), namun tetap berpegang teguh pada aturan pokok sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
Masa kanak-kanak merupakan masa-masa yang menyenangkan, yang penuh dengan petualangan serta saat-saat yang ideal untuk mencari hal-hal baru demi progressivitas hidupnya. Oleh karena itu, dengan diadakannya kegiatan ini para anggota Pramuka diharapkan mampu menggunakan masa-masanya ini dengan baik, melalui berbagai pembinaan.
Alam terbuka merupakan tempat tinggal anggota Pramuka, untuk itu dengan kegiatan ini para anggota Pramuka diharapkan mampu berupaya untuk beradaptasi dengan alam, serta senantiasa menjaga dan melestarikannya.
Pendidikan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka merupakan pendidikan non formal yang dilakukan dalam bentuk kegiatan yang menarik di kalangan anak dan pemuda, yang pada hakekatnya merupakan kegiatan dari mereka dan di pimpin sendiri oleh mereka, dengan pengawasan dan tanggung jawab orang dewasa atau para Pembina Pramuka.
Tugas Pembina mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dibuat, dilaksanakan dengan banyak praktek, dan disesuaikan dengan perkembangan rohani dan jasmani anak dan
Latihan gabungan sering kali kami laksanakan, hal ini selain untuk menjalin silaturrahmi dengan anggota pramuka yang lain, juga untuk bertukar fikiran guna memajukan organisasi tercinta.
ada hal yang berbeda pada latihan gabungan kita kali ini. Dengan anggota 185 orang.  Jika sebelumnya kami mengadakan kegiatan latihan gabungan dengan sesama anggota pramuka sekolah kami sendiri atau dengan tetangga sekolah.  tapi kali ini kami mencoba membuat suasana yang baru dengan mengajak teman2 Pramuka dari MI se-Desa Leuwibatu dan SD untuk latihan bersama, dan kenyataannya bukan hanya dari Desa Leuwibatu saja dari Desa sebelahpun turut memeriahkan acara kami ini..
walaupun kami berbeda Sekolah, tapi kami mencoba memadukan perbedaan itu menjadi sesuatu yang bermanfaat, dan kompak dengan teman-teman yang baru kita kenal..
Mabigus MI Assholihiyah mengatakan “latihan gabungan adalah suatu planning yang harus tetap dilaksanakan 1 atau 2 kali dalam setahun bahkan lebih. Karena kegiatan ini sangat memiliki manfaat yang besar, contohnya yaitu dapat ber sharing/ berbagi pengalaman atau ilmu kepada anggota pramuka di gudep lain, dapat mempererat tali persaudaraan agar tidak memiliki keberbedaan rasa atau warna. Tidak hanya itu, kunjungan gudep dan latihan gabungan dapat diselingi dengan gotong royong bersama sehingga dapat mewujudkan jiwa kebersamaan dan mengabdi demi masyarakat”
Harapan semua pembina Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, selain sebagai tuntutan formal, juga sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan kecintaan para anggota terhadap Pramuka, yang dapat diwujudkan salah satunya dengan meningkatkan kreativitas siswa-siswi dalam kesehariannya. Tujuan ini mengacu pada perkataan Robert Stephenson Smyth Lord Baden Powell Of Gilwell (di dalam buku cerita Seri Tokoh Dunia ‘Lord Baden Powell’, oleh Animik World), yaitu: “Metode latihan yang kaku,  akan membuat seorang prajurit tidak kreatif.”  Maka dengan ini, kami mencoba untuk mewujudkan metode latihan yang lebih baik dan fleksibel.
Latihan Gabungan dan Perkemahan Sabtu Minggu se-Desa Leuwibatu merupakan kegiatan yang perlu diselenggarakan sebagai motivasi agar para anggota Pramuka dapat lebih baik lagi, khususnya dalam rutinitas mingguan (latihan rutin) dan umumnya di kehidupan mereka sehari-hari sebagai tindak lanjut dari usaha pelahiran Pramuka yang baik, yang menyadari dan melaksanakan isi Kode Etik Gerakan Pramuka, serta yang mampu meneruskan perjuangan para pendahulu Pramuka.



                                                     

1 komentar:

Ade Arif mengatakan...

Salam Pramuka....!!!
sudah lama saya meninggalkan dunia Pramuka
terakhir kali kalau tidak salah ingat pada tahun 1994 saya ikut kegiatan Pramuka kemah bersama murid SD, SMP, SMA se kota Batu sebagai Panitia
Kegiatan Pramuka sangat positif namun sayang sekarang ini minat anak untuk Pramuka sangat menurun.
Pembina Pramuka tentunya sekarang di tuntut untuk kreatif sehingga Pramuka tidak hanya dikenal dengan tepuk dan nyanyi.
Semoga di masa depan Pramuka tetap Jaya
Salam...

MIDI DANGDUT GRATIS 100%

Midi dan Style MIDI DANGDUT 100% GRATIS | assholihiyah ini kumpulan dari midi dan style yang telah saya download… Ga bisa di muat atau di ...